Jumat, 25 Mei 2012

Ketika Aku Menulis

Temanku bilang, "Penulis adalah orang yang kesepian."
Menurutku dia benar, tapi tidak selalu benar.
Kapan aku menulis?
Saat aku lelah menangis
Saat tak ada yang mendengarku
Saat aku ingin berbagi
Saat aku ingin membuat orang lain tertawa
Dan tentu saja saat aku ikut lomba menulis
Aku menulis apapun yang ada di fikiranku, hatiku, dan apapun yang terjadi, semua aku tulis.
Ada teman yang mengatakan padaku, "Jangan jujur-jujur."
Yaa, bagaimana lagi? Tanpa sengaja, aku selalu menulis dengan jujur.
Ada juga temanku, ya sempat berdebat juga tentang kalimat ini, "Karya tulis yang baik adalah karya tulis yang susah dipahami pembacanya."
Aku gag setuju sama kalimat itu. Alasannya, sudah jelas. Tujuanku menulis agar pembaca memahami maksudku. Lalu jika mereka tidak mengerti maksudku, percuma dong...
Oke, mungkin banyak juga yang setuju dengan kalimat itu. Ya gag bisa dipaksakan juga. Semua orang memiliki alasan untuk setiap pilihannya.
Aku memilih menulis dengan kalimat-kelimat sederhana, tapi menyentuh. Aku tak memperdulikan penulis-penulis hebat yang tulisannya menggunakan majas-majas puitis yang membutuhkan waktu lama untuk memahami. Aku ingin menulis dengan caraku sendiri.
Jujur, sederhana, dan penuh cinta.
Aku tak ingin jika aku mengikuti cara menulis mereka, aku akan kehilangan jati diriku sendiri. Jika tulisanku seperti mereka, tulisanku tak akan bernyawa.
Jadi biarkan saja seperti ini. Jujur, sederhana, dan penuh cinta. Seperti diriku yang apa adanya. Karna dengan begitu, tulisanku akan bernyawa dengan sendirinya...
"Aku bisa membohongi seluruh dunia, tapi aku tidak bisa berbohong kepada tulisanku..."

2 komentar:

  1. hai ravita ... salam kenal dan salam santun ..
    tulisan-tulisanmu sangat menarik, membuat hatiku tergugah untuk menuangkan sedikit demi sedikit tentang duniaku
    saya mohon izin copas tulisanmu ini dan tidak lupa mencantumkan link blogger'y pula

    BalasHapus
  2. hai juga, Desi... :)
    terima kasih sebelumnya sudah mau mampir dan berniat untuk membaginya.
    silahkan saja, saya senang mendengarnya :)

    BalasHapus