Minggu, 02 September 2012

Sakit untuk Sembuh

Ada hikmah, di balik setiap kejadian. Baik kejadian yang paling buruk pun, semua pasti ada hikmahnya. Tergantung dari sisi mana kita melihatnya.
Mungkin akhir-akhir ini aku sering sakit-sakitan. Sering ke dokter, sering minum obat sampai impianku donor darah tertunda lagi. Sangatlah menyedihkan memang, saat kita ingin melakukan suatu hal positif, tapi terhalang oleh sakit. Sangat sedih juga, saat sedang asik di alam mimpi bersama orang yang kita sayang (baca : Afgan), lalu terbangun karena sakit.
"Hey, Ravita!!! Jangan mengeluh! Karena sakit untuk sembuh, bukan mengeluh." Kalimat itu yang selalu aku tanamkan pada diriku sendiri saat aku benar-benar lemah dan kecewa atas adanya penyakit ini.
Mungkin dulu aku sangat sering mengeluh, merengek-rengek saat sakit, meratap di "status facebook". Tapi sekarang aku gag mau melakukan itu semua. Aku gag mau meratap di "status facebook" seperti yang dilakukan orang yahudi, yaitu meratap di tembok ratapan. Biarkan aku meratap pada Tuhanku saja, yaitu, saat aku sholat. Karena yang memberi sakit dan sembuh adalah Tuhan, bukan penghuni facebook yang mayoritas pengeluh.
Aku hanya tidak ingin orang lain tau bahwa aku sakit. Biarkan mereka tau sendiri. Atau aku akan memberi tau mereka saat aku sudah berhasil sembuh saja. Aku hanya tidak ingin terlihat lemah. Meskipun aku bisa saja terjatuh dengan sekali pukulan dari adikku walaupun aku sedang sehat, aku tetap selalu ingin terlihat kuat di mata orang lain.
Jadi intinya, kalau kita sakit, harus mencari cara untuk sembuh. Bukan berfikir, "Kenapa harus aku yang sakit?" Bukan juga mengemis belas kasihan. Entahlah, kenapa banyak sekali manusia yang ingin dikasihani. Padahal, hidup lebih indah jika kita bisa memberikan kasih sayang.
Hikmah saat aku sakit, ada banyak:
1. Aku bisa berfikir lebih dewasa.
2. Aku lebih menjaga kesehatan.
3. Aku lebih mensyukuri kehidupan, dan menghargai setiap nafasku.
4. Semakin rajin ibadah. Setidaknya, aku ingin meninggal dalam keadaan baik, karena tidak ada yang tau berapa lama kita hidup di dunia.
5. Aku bisa sharing ke kalian (pembaca), tentang sakitku ini. Berharap agar ceritaku menginspirasi.
6. Dan masih banyak lagi...

Meskipun hikmah saat aku sakit sangatlah banyak, tapi bukan berarti aku senang sakit lho...
Meskipun saat sakit kita lebih disayang, tapi lebih baik sehat. Karena bisa menyayangi jauh lebih menyehatkan...

Jangan lupa jaga kesehatan!!!
~SalamInspirasi~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar