Minggu, 25 Maret 2012

Uji Kompetensi

Waktu itu, aku lupa tanggal berapa (emang sengaja gag aku inget-inget). pokoknya sekitar February 2012. Kita ada uji kompetensi. Uji kompetensi itu, ujian buat anak kelas 3 SMK yang bentar lagi mau lulus. Karena aku jurusan Broadcast, jadi disuruh bikin video klip.
Pertama, kita bagi Job Desc:
Aku : Editor
Ratih : Sutradara
Ramadhani : Script Writer
Putri : Kameraman
Ratna : Tata Artistik
Kedua, kita rapat mau bikin video klip apa. hhm,, kita mikir... terus, aku lupa siapa yang usul. tapi ada yang pengen bikin video klip tentang ayah. yaa, aku setuju-setuju ajah. terus ramadhani bilang kalo dia uda bikin lagu tentang ayah. lagunya ini menceritakan tentang seseorang yang merindukan ayahnya yang sudah meninggal. Ini curhatannya dhani. ayahnya dhani sudah meninggal. Dan dia mengusulkan untuk memakai lagu dia. Jlebb,, jujur aja aku kurang setuju. Tapi, ratih sang sutradara, setuju banget. Saat itu juga kita berdebat.
Aku : menolak mentah-mentah pendapat. Dengan alasan, aku ingin pembagian nilainya itu rata. Aku gag mau lah, cuman dhani yang nilainya bagus karena itu lagu dia. Ini uji kompetens meenn...
Ratih : Dia setuju, entah dapet pengaruh dari mana. Dia bersikeras pake lagunya dhani. katanya sih, biar dapet nilai plus. (iya, dapet plus. tapi cuman dhani)
Dhani : Dia pasti setuju lahh...
Putri : aku tau dia cari aman. jadi dia bilang, setuju.
Ratna : Dia tipe orang pengikut. suara terbanyak setuju, jadi dia bilang setuju.
Dan... hasil vote, setuju. yaa, jadi kita pake lagunya. oke!!! bersikaplah profesional, Ravv!!!

Wakti take, atau pengambilan gambar dimulai. kita punya waktu 3 hari untuk take. Dan 3 hari juga penderitaanku. dan aku berharap waktu 3 hari itu cepat berakhir.
tapi aku gag boleh ngambek. bagaimanpun juga, ini keputusan bersama. yaa, sekali lagi, ini keputusan bersama. keputusan bersama yang tanpa paksaan --"
crew yang hebat adalah, crew yang mampu bertahan dalam keadaan paling memuakkan sekalipun.

Waktu take sudah selesai. dan saatnya aku sebagai editor bekerja. Jujur ajah, aku gag mood sama sekali. Sebenernya gurunya suruh ngedit hari Senin. tapi hari sabtu Ratih nyuruh aku untuk mencicil editanku. tapi hari sabtu itu aku sengaja gag masuk, dan ratih bingung. Ratih mau nyuruk putri sang kameraman untuk mengedit dan aku gag mau. harga diri lah, masak pekerjaanku dikerjain orang lain.
Dan akhirnya, aku ke sekolah juga. mengerjakan editanku dengan pura-pura ikhlas.
singkat cerita, editan ku selesai. meskipin dengan gambar hamburadul, tapi aku bisa menyelesaikan editanku dengan baik. sebelumnya, perkenalkan. selain menjadi penulis, aku juga menjadi editor. Aku pernah magang disalah satu stasiun tv di surabaya sebagai editor. Aku mengedit berita, dan setiap harinya, selama 3 bulan aku magang, editanku di tayangkan di tv. (promosi) jadi aku tidak merasa canggung berhadapan dengan Adobe Premiere. Alhamdulillah.
Okee, semua sudah selesai. kita sudah presentasi, dan lancar. meski hatiku masih dongkol.

Sebenernya gini. aku gag setuju pakai lagunya dhani karena aku gag mau ujian ini hanya cuman terpampang namanya dia. bukan syirik, tapi aku merasa ini gag adil. aku ingin berpengaruh penting pada kelompokku. minimal, rata. bukan cuman satu anak aja yang menonjol.
ini karya terakhir kita, dan aku gag mau memamerkan karya orang lain. seharusnya aku memamerkan kaya orang lain...
aku pernah baca statusnya dhani di facebook, isinya intinya gini: Script dan lagu, dia yang buat.
gilaa, aku tambah mangkel. itu yang aku benci. seakan-akan cuman dia yang bisa.
aku ingin menjadikan karya video klip ku, sebagai koleksi. tapi masak aku mengkoleksi lagunya orang? it's not fair.
waktu aku menunjukkan karyaku ke keluarga, aku juga rada' males sebenernya. aku kasihan sama ayah ibu ku. pasti mereka juga pengan melihat karyaku, bukan karya orang lain. tapi tenang yah, bu, aku pasti bisa menghasilkan karya lebih dari ini... :') aku janji. aku bisa jadi orang yang membanggakan, tanpa harus menyakiti hati orang lain. aku janji, aku jadi orang hebat tanpa harus meremehkan orang lain seperti yang mereka lakukan. Aamiin... :')
api aku bangga dengan diriku sendiri (memuji diri sendiri).
meski susah untuk ikhlas, tapi aku bisa bersikap yang terbaik untuk video klipku. dan yang terpenting aku tidak egois dan memaksakan kehendak.

NB :
Ini buku harianku. Tempatku untuk bebas berekspresi. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar