Sabtu, 01 Desember 2012

Aku Jadi Anak Kost?

Gag pernah sedikitpun terlintas di fikiranku, untuk jadi anak kos. Ya, meskipun aku pengen banget tinggal di apartement sebenernya.
Jarak dari rumah, ke kampus sekitar 18km (aku pernah cek). rata-rata perjalanan, 45 menit. Maklumlah, jalan di Surabaya gag pernah woles. Alias selalu macet. Pernah juga nyampe kampus dengan waktu 30 menit. Tapi harus bringas di jalan, terus ngebut ala Valentino Rossi gitu. Kalo pengen nyampe 20 menit juga bisa. Tapi kalian harus bener-bener ngebut, nrabas lampu merah, bahkan kereta, atau harus rela di bel-bel sama sopir truk. Susah kan?
Intinya, jarak antara rumah dan kampus, jauhhhh banget.
Sampai pada suatu hari, ada acara kampus yang mengharuskan mahasiswanya untuk sampai sana jam 5 pagi. Iya, jam 5 pagi. Di saat dunia masih dikuasai oleh bunyi ayam jantan.
Bisa bayangin sendiri dong, aku berangkat dari rumah jam berapa?
Akhirnya, aku memutuskan untuk nginep di kos temenku, yang jaraknya deket banget dari kampus.
Hari Sabtu malam, sekitar jam 7, aku sampai di kos Ayu. Nindy juga sekalian nginep di situ. Jadi, sekamar ada 3 orang. Kita seru-seruan, dan sok asik gitu. Sebenernya kita ada acara keluar. Tapi karena hujan lagi deres banget, akhirnya kita cuman curhat-curhatan, gosip, terus nonton film. Dan jam 12 malem aku tepar duluan.
Alarm sudah aku pasang jam 4 pagi. Berharap besok kita ontime.
Begitu jam 4, alarm bunyi. Nindy sempet bangun, tapi tidur lagi. Begitupun juga aku. Kesalahanku adalh, pake lagunya Afgan untuk suara alrm. Jadi gag malah bangun, tapi semakin merasa di nina bobo.
Sampai akhirnya, aku bangun duluan, setelah mimpi Edward Cullen yang hampir saja ngerubah aku jadi vampir. Aku bangun, ngecek handphone ada 7 sms. Dan pas liat jam. Hha? jam 05:06.
Well, kita terlambat.
Tapi gag masalah. Masih ada yang jauh lebih telat.
Sampai kampus, kita kerja bakti. Seru. Uda lama gag begini.
Haha...
Kerja bakti selesai jam 9 pagi, setelah itu kita ke bazar, dan nonton konser. Karena aku gag terlalu suka keramaian yang semacam itu, akhirnya aku memutuskan untuk pulang duluan.

Jadi inti dari artikel ini...
Aku belum siap jadi anak kos. Ternyata, jadi anak kos itu gag semudah yang dibayangkan. Tinggal sendiri, gag ada orang tua. Kalo sakit sapa yang minumin obat, kalo kedinginan sapa yang bikinin teh, kalo capek sapa yang mijitin, kalo masuk pagi sapa yang ngebangunin, sapa yang bikin sarapan?
Ternyata aku masih butuh orang tua. Aku semakin sadar betapa pentingnya mereka, setelah aku nginep di kos temenku.
Meskipun pada akhirnya setiap orang dituntut untuk mandiri, tapi aku masih belum siap kalau sekarang. Aku masih butuh belajar.
Pelan-pelan, akan tiba saatnya nanti, di saat aku benar-benar mandiri. Aamiin.
Sayangi orang tua mu selalu, yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar