Kamis, 07 Maret 2013

Lensa dan Fokus

Seperti lensa yang mengumpulkan cahaya
Seperti fokus yang mengatur ketajamannya
Lensa tanpa fokus takkan hidup
Fokus tanpa lensa akan mati
Saling melengkapi, menghidupkan
Seperti cinta dan hati
Cinta tanpa hati takkan hidup
Hati tanpa cinta akan mati
Tentang fotografi...
Bagaimana bisa hanya dengan pengetahuan?
Bagaimana bisa bila tanpa hati?
Fokus adalah bagaimana kita memilih
Bagian mana yang akan dijadikan utama
Dengan mengkaburkan suatu bagian
Untuk memperjelas bagian lainnya
Demi menjadikan suatu keindahan
Yang berirama, penuh makna
Fotografi serupa cinta dan kehidupan
Di sini bukan hanya keindahan
Namun tentang pilihan hidup dan mati...


(Ini puisi saya dedikasikan untuk dosen fotografi saya, yang memberi semangat tersendiri untuk saya di hari pertama kuliahnya. Saya diminta menulis puisi untuk beliau, dengan bercanda. Dan saya mengabulkan permintaan itu, dengan serius. Mohon maaf atas kekeliruan apapun yang ada di sini.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar