Selasa, 01 Januari 2013

Donor Darah #2

Artikel kali ini nyantai dulu lah yaa..
Bosen kan baca yang cinta-cinta an? Sekarang baca yang mungkin bisa menginspirasi kita semua.
Well, sebenernya ini cerita uda lama sih. Tapi baru aku posting sekarang.
Ini donor darah kedua. Tanggal 2 November 2012.
Tempatnya di Embong Ploso, Surabaya. Di sana memang tempat khusus untuk donor darah. Jadi kalo temen-temen mau ke donor darah, langsung ke sana ajah... 24 jam kok.
Lokasi
(maksa ngambil foto, meskipun diliatin orang)
Awalnya, aku bilang dulu kalo mau donor darah lagi. Tapi ayah sempet gag percaya sih, takut aku nangis di sana katanya. tapi aku tetep maksa. Ya walaupun aku juga sebenernya takut jarum, gag betah sakit, tapi gag ngerti kenapa, aku pengen banget buat donor darah. Setelah dapet izin, dan kebetulan waktu itu kuliah lagi libur, aku memutuskan untuk berangkat. Kali ini aku pengen berangkat sendirian. Belajar mandiri.

Pertama, berangkat dari rumah. Sambil baca-baca doa. Jujur aja, aku masih takut sih. Aku uda mikir yang macem-macem. Begitu sampai lokasi, aku mau balik pulang lagi. Karena waktu itu jantung berasa mau keluar. Tapi terlanjur ketemu satpam, dan aku langsung disuruh masuk. Yaudah deh, aku masuk setelah parkir motor.
Kedua, aku mengisi berkas. Dan tanganku semakin dingin. Ngejer banget. Lututku berasa mau rontok aja waktu itu. Aku pengen pura-pura pingsan, tapi aku gag jago akting.
Ketiga, cek golongan darah. Jari tengah ditusuk jarum. Ya Tuhan, walaupun ini bukan yang pertama, tapi tetep aja aku takut. Dan dokternya sampai tau kalo aku takut lho.
Dokternya bilang, "Kenapa? Takut ya?"
Aku jawab, "Iyaaa... :("
Dokternya bilang lagi, "Yaudah, pake jarum yang kecil aja biar gag terlalu sakit."
#cetossss (kira-kira seperti itu bunyi jarum yang nusuk ke jariku)
Terus dokternya bilang, "Lho, darahnya gag mau keluar. Mungkin jarumnya terlalu kecil. Kalau gitu, mana jari tengah yang satunya. Terpaksa harus ditusuk lagi pake jarum besar."
Aku cuman pasrah. Niatnya biar gag terlalu sakit, eh malah ditusuk 2 kali. :'(
Keempat, tensi atau cek tekanan darah. Di sini adalah penentuan akhir. Kita diizinkan donor darah apa tidak. Sempat terlintas doa jahat dalam pikiran, "Semoga aku gag bisa donor darah. Aku pengen pulang..." Tapi ternyata, aku lolos. Oke, fine.
Kelima, cuci tangan sampai siku. Jadi lengan yang mau ditusuk harus dicuci dulu.
Keenam, masuk ruangan. Behhhh.... Kali ini jantung bener-bener wow deh detakannya. Pas pertama menginjakkan kaki, langsung disambut dokter-dokter yang bilang, "Mau yang kanan atau yang kiri?" Aku bingung. Maksudnya apa? terus dokternya tanya lagi, "Yang ditusuk pengen tangan yang kanan apa yang kiri?" Dan aku baru mudeng. Ternyata untuk donor darah di sini, kita bisa memilih tangan yang mana.
Ketujuh, pengambilan darah. Waktu jarumnya uda siap, aku nutup mataku pake tangan kiri. Sambil nahan sakit, sambil mencegah kalo ada air mata yang keluar. Beneran, ini sakit banget. Tapi setelah itu, sakitnya hilang. Cuman diawal aja kok sakitnya. Selama proses pengambilan yang kira-kira 10 menit itu, aku mulai beradaptasi dan mengabadikan moment indah tersebut. Walaupun agak mual juga liat darah yang mengalir kayak air kran.
Narsis diantara Kesakitan yang Membahana
Kedelapan, konsumsi. hahaha.... Ini bagian yang paling menyenangkan. Nonton tv sambil menikmati hidangan, sambil mengatur aliran darah sedikit demi sedikit.
Kesembilan, pulang... Alhamdulillah sampai rumah dengan selamat. Dan mendapat sembutan meriah dari keluarga. :')

Lega bisa donor darah. Walaupun ini bukan yang pertama, tapi tetep aja aku takut. Dan walaupun nanti sudah berkali-kali pun (aamiin), kayaknya aku juga masih takut deh. Dan kalo gag ada halangan, insyaAllah nanti tanggal 16 Januari aku ke sana lagi buat donor darah. Kalo aku mendapat keberanian, aku bakalan ngambil foto pas saat jarumnya nancep di tanganku. nanti aku share deh ke kalian...
Ohya, aku sempet sedih juga. Soalnya waktu aku donor darah, semua pendonor itu uda pada tua. Sekitar umur 30 tahun ke atas. Jadi aku yang paling muda di sana. Aku nyari-nyari, ini yang mahasiswa pada ke mana? Tapi gag apa-apa deh, mungkin besok mereka ke sini...

Sebenernya, donor darah gag sakit kok. Cuman aku aja yang penakut dan emang gag tahan sakit. Jadi, sakit dikit aja, menurutku sakit banget. Maksudku gini. Aku yang penakut aja, berani donor darah. Masak kalian yang pemberani gag mau donor darah?
So, jangan mikir-mikir lagi. Donor sekarang yaaa...
Ditungguin saudara-saudara kita tuh!!!
Ini kartu ku, mana kartu mu? :)

sumber : 1cak.com


-Semoga Menginspirasi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar